toludenim.com - Bruce Lee, lahir di San Francisteo, California, Amerika Serikat (AS) pada tahun 1940 ketika orangtuanya sedang berada dalam tur dengan Opera Đài Loan Trung Quốc.

Bạn đang xem: Bruce lee là ai

Melansir situs website resmi Bruce Lee, dia dibesarkan di Hong Kong, dan muncul sebatua aktor cilik di lebih dari 20 film.

Pada usia 13 tahun, Lee mempelajari Wing Chun, gaya Kung Fu di bawah bimbingan pakar Wing Chun terkenal, Yip Man.

Bruce Lee meninggalkan Hong Kong di usia 18 tahun ke Seattle, Amerika Serikat, di mana dia bekerja di restoran seorang teman keluarga.

Dari samãng cầu, dia mendaftar kuliah di Washington University dan mengejar gelar bidang filsafat. Bruce lalu mengajar Kung Fu di Seattle dan membuka sekolah pertamanya, Institut Jun Fan Gung.

Baca juga: Hormati Sang Legenda, Nike Tawarkan Kembali Siluet Kobe 5 Bruce Lee

Dua sekolahnya yang lain juga dibuka di Oakland dan Los Angeles. Selama itulah, Bruce menikahi istrinya, Lindomain authority dan memiliki 2 anak, Brandon dan Shannon.


Terima kasih telah membaca toludenim.com.Dapatkan informamê say, inspiraham dan insight di email kamu.Daftarkan email


Para era pertengahan 1960-an, Bruce muncur di serial TV dan semakin mengembangkan seni bela dirinya yang kemudian diberi nama Jeet Kune Do (cara menangkis pukulan).

Seni bela diri yang diciptakan Bruce Lee ini tertanam giới dalam fondaham mê filosofis yang tidak mengikuti traditê mê bela diri lama.

Di dalamnya, seni bela diri ala Bruce Lee memiliki inti tentang kesederhanaan, keterbukaan dan kebebasan pribadi.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Bruce Lee Meninggal Dunia dalam Usia 32 Tahun

Sampai pada suatu hari, Lee kembali ke Hong Kong untuk mengejar karier film.


Di Hong Kong, Lee membuat 3 film yang secara berturut-turut memecahkan rekor box office dan memamerkan seni bela diri dengan cara yang sama sekali baru.

Hal itu diperhatikan oleh Hollywood yang kemudian membuat produkđam mê film serupage authority bersama Bruce Lee dengan film pertama berjudul Enter the Dragon.

Sayangnya, Bruce Lee meninggal dunia padomain authority tahun 1973 sebelum film ini dirilis. Film ini melambungkan namanya ke tingkat internasional.

Baca juga: Bruce Lee Pernah Punya Keinginan untuk Menghajar Muhammad Ali

Apa yang perlu diketahui dari Bruce Lee?

Berikut ini beberapa fakta tentang Bruce Lee yang disarikan dari BBC:

1. Nama aslinya, Lee Jun-fan

Bruce Lee lahir dengan nama Lee Jun-người pada 27 November 1940 di San Francisteo. Orang tuanya lalu membawa Bruce Lee kembali ke Hong Kong di mamãng cầu dia dibesarkan.

Xem thêm: Tas Là Gì ?

2. Lee dipindah ke AS karemãng cầu kerap berkelahi

Semasa menjadi murid, Lee kerap berkelahi. Ketika dia berusia 19 tahun, orang tuanya mengirimnya ke AS karemãng cầu takut Lee ditangkap di Hong Kong. Di AS, Lee bisa menyalurkan bakatnya di bidang seni bela diri dan energinya melalui seni bela diri Combat.

3. Tidak selekhông đúng kuliah

Lee mulai kuliah di AS tapi kemudian berhenti karena ingin menekuni bisnis sekolah bela dirinya dengan teknik yang dia pelajari di Hong Kong.

Baca juga: Putri Bruce Lee Gugat Restoran Đài Loan Trung Quốc Rp 4trăng tròn Miliar karemãng cầu Diduga Gunakan Gambar Ayahnya


4. Dia ciptakan gaya seni bela dirinya sendiri

Lee menciptakan Jeet Kune Do, sebuah teknik atau cara menangkis pukulan atau tinju.

5. Dia membintangi bersama Batman

Sekolah seni bela diri Lee membawanya punya konekmê mệt di dunia panggung dan perfilman, dan melalui konekđê mê ini dia mulai muncul di program televisi mê AS.

Salah satunya adalah Batman and the Green Hornet, di mamãng cầu dia berperan sebasợi sahabat karib Hornet, Kato lớn.

Lee kembali ke Hong Kong untuk menemukan bahwa pertunjukan, yang hanya berlangsung selama satu musim di AS, telah sukses besar di kampung halamannya dan perannya sebagai Kalớn telah memenangkan hati orang Hong Kong.

Baca juga: Putri Bruce Lee Kesal Ayahnya Ditertawakan di Film Quentin Tarantino

6. Film pertamanya di Hong Kong meraih kemenangan di box office

Kembali ke Hong Kong, Lee mendaftar dengan studio besar Golden Harvest Productions dan membuat film pertamanya, The Big quái nhân, padomain authority tahun 1971.

Film itu sukses besar di box office. Film keduanya, Fist of Fury, menjadi blockbuster yang lebih besar.

7. Lee tidak pernah melihat film terakhirnya


Film terakhir Lee, Enter the Dragon tidak pernah disaksikan oleh Lee karemãng cầu dia meninggal dunia sebelum film dirilis.

Padomain authority tanggal đôi mươi Mei 1973 ketika Lee hendak makan malam dengan aktor James Bond, George Lazenby, Lee mengeluh sakit kepala, pergi tidur siang dan tidak pernah bangun.

Penyebab kematiannya adalah edema otak, yang disebabkan oleh reaktê mê alergi terhadap obat penghilang rasa sakit. Dia baru berusia 32 tahun.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Bruce Lee, Aktor Laga Legendaris Hong Kong

8. Dia mengubah cara dunia memandang China

Film Bruce Lee adalah karya yang paling berpengaruh yang pernah dibuat, karena cara mereka memproyeksikan tanah warisannya dan menyebabkan pergeseran nyata dalam persepsi mê tentang Trung Quốc di dunia yang lebih luas.

Sebelum Lee, peran Trung Quốc dalam film Hollywood hanya diperuntukkan bagi sosok yang kutu buku, atau pun pecandu opium.

Namun berkat Lee, seorang pejuang yang tangguh dan terampil dengan kekuarã fisik yang luar biasa, membantu mengubah cara orang Asia ditampilkan dalam film-film Amerika.

9. Dia memiliki bintang di Hollywood Walk of Fame

Menegaskan statusnya sebagai ikon film Hollywood, bintang Lee duduk di Hollywood Walk of Fame, meskipun film utamanya dibuat di Hong Kong, dalam bahasa Kanton.

Bài viết liên quan

Trả lời

Email của bạn sẽ không được hiển thị công khai. Các trường bắt buộc được đánh dấu *